Penyebab Tumbuhnya Penyakit Mioma Uteri

Penyebab Tumbuhnya Penyakit Mioma Uteri

Mengetahui Penyebab Tumbuhnya Penyakit Mioma Uteri merupakan hal penting. Sebab dengan begitu, kita bisa mengantisipasi tumbuhnya mioma uteri dengan menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebabnya tersebut. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab mioma uteri. Mari simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab Tumbuhnya Penyakit Mioma Uteri

Jika berbicara mengenai penyebabnya, sampai saat ini sebenarnya belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab dari tumbuhnya mioma uteri pada wanita. Akan tetapi, kemunculan mioma uteri sering dikaitkan oleh para ahli dengan hormon estrogen, yaitu hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium pada wanita. Mioma uteri biasanya muncul pada wanita usia sekitar 16-50 tahun, di mana pada usia tersebut adalah kadar estrogen wanita sedang tinggi-tinggnya. Dan setelah masa menopause, mioma uteri akan menyusut dikarenakan penurunan kadar estrogen.

Selain itu, mioma uteri juga lebih sering muncul pada wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Sebab, berat badan yang meningkat membuat hormon estrogen juga akan meningkat. Faktor keturunan juga berperan dalam tumbuhnya mioma uteri. Di mana wanita dengan ibu dan saudara perempuan yang pernah menderita mioma uteri akan cenderung menderita mioma uteri juga.

Sementara itu, beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko tumbuhnya mioma uteri adalah menstruasi pertama yang terjadi terlalu dini, mengonsumsi daging merah terlalu banyak dibanding sayuran dan buah-buahan, serta kebiasaan mengonsumsi alkohol. Dan berikut ini adalah penjelasan lengkapnya mengenai faktor-faktor yang diduga menjadi pemicu tumbuhnya mioma uteri pada wanita, di antaranya :

Kondisi hormonal

Tahukah Anda, bahwa ketidakseimbangan hormon dalam tubuh juga bisa memicu pertumbuhan miom? Ya, tingginya kadar hormon estrogen dan progesteron terbukti dapat merangsang penebalan dinding dalam rahim yang abnormal. Kondisi inilah yang kemudian dapat meningkatkan risiko pertumbuhan miom.

Menstruasi terlalu dini

Penyebab miom juga bisa karena menstruasi yang terlalu dini. Umumnya, anak perempuan akan mengalami menstruasi pertama di usia 13 tahun. Namun lain cerita jika anak perempuan memiliki pertumbuhan estrogen yang terlalu tinggi, bisa saja mengalami menstruasi pertama terlalu dini, di bawah usia 13 tahun. Di mana anak dengan kelainan hormon dan menstruasi terlalu dini ini akan berpotensi menderita miom.

Genetika

Penyebab miom yang pertama adalah faktor genetika. Ya, studi terakhir mengungkapkan bahwa wanita yang terlahir dari keluarga dengan riwayat penyakit serupa berisiko 2,5x lebih besar terkena miom. Karenanya, bagi Anda wanita dengan kondisi serupa, disarankan untuk rajin memeriksakan kesehatan organ reproduksi -setidaknya 6 bulan sekali- untuk meminimalisir kemungkinan miom berkembang tanpa sepengetahuan.

Faktor usia

Seperti telah dikatakan juga sebelumnya, bahwa miom umumnya terjadi pada wanita usia di bawah 50 tahun. Jadi, faktor usia juga menjadi salah satu penyebab pertumbuhan miom. Hal ini berkaitan dengan hormon estrogen, seperti yang tadi dikatakan. Di mana hormon estrogen itu lebih banyak dihasilkan pada usia reproduktif, yakni usia 15 – 49 tahun. Dan biasanya di usia menoupose, risiko menderita miom akan menyusut karena kadar estrogen yang dihasilkan juga menurun.

Gaya hidup tidak sehat

Ini dia faktor Penyebab Tumbuhnya Penyakit Mioma Uteri yang sering disepelekan; praktik gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa kebiasaan, seperti merokok, rajin mengonsumsi alkohol, hingga jarang berolahraga nyatanya turut berkontribusi dalam meningkatkan risiko Anda terkena miom. Jadi, mulailah untuk mengubah gaya hidup sehari-hari Anda dengan menghentikan kebiasaan buruk di atas, karena Anda sendiri juga tau bukan, bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Kurang olahraga

Kurang olah raga juga menjadi salah satu penyebab penumpukan penyakit di dalam tubuh, salah satunya penyakit miom. Karena miom juga bisa dipengaruhi makanan yang anda konsumsi. Jika rutin olahraga maka makanan yang anda konsumsi tersebut tidak akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan miom. Makanan tersebut bisa dibuang melalui keringat saat anda berolahraga.

Infeksi jamur dan bakteri

Selanjutnya, miom juga bisa diakibatkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Ya, ketika bakteri atau jamur masuk ke saluran reproduksi wanita, maka agen asing ini dapat menginfeksi dan menyebabkan peradangan. Inilah yang kemudian memicu pertumbuhan sel rahim abnormal cikal bakal miom.

Stres

Sering mengalami stres akibat beban pekerjaan yang menumpuk? Hati-hati, jika tidak segera ditangani hal ini bisa menjadi dalang tumbuhnya miom! Lho, kok bisa? Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa stres berlebih terbukti dapat membuat kadar hormon dalam tubuh Anda kacau balau. Oleh karena itu, rajinlah mempraktikkan kegiatan yang dapat merelaksasi pikiran, seperti jalan-jalan, melakukan hobi, atau mencoba yoga setiap hari.

Menurunnya daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh berfungsi melawan dan mencegah serangan penyakit. Jika daya tahan tubuh menurun, maka penyakit akan mudah menyerang, termasuk juga penyakit miom. Daya tahan tubuh yang menurun akan membuat bakteri dan juga virus bisa dengan mudah menyerang dan menimbulkan penyakit, salah satunya adalah penyakit miom.

Obesitas

Penyebab miom yang selanjutnya adalah berat badan berlebih -atau dikenal juga dengan istilah obesitas. Mungkin, Anda mengira bahwa obesitas hanya memicu penyakit kardiovaskular saja. Padahal, kondisi ini juga terbukti dapat memicu peningkatan kadar estrogen dalam tubuh yang notabene merupakan dalang utama timbulnya miom.

Pola makan yang tidak seimbang

Pola makan yang tidak seimbang juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya miom. Berikut ini penjabaran lengkapnya :

  • Terlalu banyak makan junk food (seperti pizza, pasta, dll), yang banyak mengandung kolesterol dan lemak jenuhnya yang tinggi.
  • Terlalu sering makan makanan yang mengandung garam yang tinggi.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, seperti kopi, teh, dan beberapa macam soda.
  • Sering makan daging merah.
  • Kurang asupan bahan pangan yang kaya akan vitamin D, seperti telur, susu kedelai, udang, tiram, jamur, dll.

Itulah beragam faktor yang diduga menjadi Penyebab Tumbuhnya Penyakit Mioma Uteri pada wanita. Beragam faktor tersebut harus diwaspadai, karena mioma uteri merupakan penyakit yang cukup serius yang berisiko menyebabkan kemandulan pada wanita.

Sementara itu, untuk mengobati mioma uteri, ada rekomendasi yang bagus berupa pengobatan herbal, yaitu GOLD-G Bio Sea Cucumber atau biasa disebut Jelly Gamat Gold G. Ini adalah obat herbal mioma uteri yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya. Dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Jelly Gamat Gold G

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin Fazaherbal.my.id

 

Baca artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *