Gejala Kista Ovarium

Gejala Kista Ovarium

Mengetahui Gejala Kista Ovarium merupakan hal yang penting. Sebab kista ovarium merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu wanita, dan itu sudah bukan rahasia umum lagi. Untuk itu, simak pembahasan berikut ini mengenai gejala penyakit kista ovarium atau ciri-ciri dari kista ovarium!

Gejala Kista Ovarium

Seperti diketahui, ovarium merupakan bagian dari alat reproduksi wanita yang memiliki peranan yang penting dalam sistem reproduksi wanita. Ovarium merupakan kelenjar kecil berbentuk oval yang terletak di kedua sisi rahim. Fungsi ovarium adalah untuk menghasilkan telur dan memproduksi hormon seks utama yang dilepaskan ke dalam aliran darah. Dengan peranan pentingnya tersebut, maka jika ovarium mengalami masalah atau gangguan, termasuk terserang oleh penyakit, tentu itu menjadi masalah serius.

Salah satu penyakit yang sering menyerang ovarium adalah kista. Yaitu sejenis tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Biasanya berisi cairan kental, atau bisa juga berisi nanah atau udara. Kista ovarium ini memang tidak berbahaya dan tidak mematikan seperti halnya penyakit kanker, akan tetapi penyakit ini tetap tidak bisa dianggap sepele, karena risiko yang ditimbulkan penyakit ini cukup serius bagi wanita, di mana kista ovarium ini bisa menyebabkan keguguran, menghalangi jalan lahir bayi, bayi lahir prematur, bahkan bisa menyebabkan kemandulan alias sulit hamil pada penderitanya.

Dengan risiko yang ditimbulkannya, tentu kista ovarium ini harus segera ditangani dengan baik saat kemunculannya. Oleh karena itu, mengenali gejala-gejalanya menjadi hal yang penting, agar suatu saat penyakit ini muncul bisa disadari kemunculannya. Lalu seperti apa gejala kista ovarium ini? Apa saja gejala kista ovarium? Berikut ini penjelasannya.

  • Sakit perut di bagian bawah

Rasa sakit ini adalah yang paling umum dialami banyak wanita yang menderita kista ovarium. Nyeri bisa berada di sisi kanan atau kiri panggul bawah, tepatnya di tempat rahim berada. Gejala ini tidak hanya dirasakan saat menstruasi saja, tapi juga saat olahraga, beraktivitas berat atau bahkan saat berhubungan intim. Rasa sakit semakin parah biasanya menjadi tanda kalau kista ovarium semakin membesar ukurannya. Tapi akan menghilang setelah menstruasi.

Baca Juga : Obat Kista Ovarium Ladyfem

  • Perut kembung tidak terkendali

Pembengkakan menjadi gejala umum lainnya dari kista ovarium, yakni di area bawah perut. Gejala yang satu ini mungkin umumnya orang berpikir karena gemuk, padahal kista ovarium yang ada di dalam yang sedang berkembang semakin besar dan berat. Kista ini akan menekan sekitarnya dan menimbulkan sakit perut seperti yang telah disebutkan di atas, serta perut kembung karena gas sulit keluar.

  • Perut terasa penuh

Perut terasa penuh menjadi gejala berikutnya dari kista ovarium ini. Bahkan jika anda jarang makan sekalipun, perut terasa penuh dan anda merasa gampang kenyang. Gejala tersebut perlu dicurigai, apalagi jika dibarengi dengan rasa sakit. Ukuran kista ovarium yang membesar akan mendesak area perut sehingga lebih sempit. Jika tidak mengalami konstipasi tapi masih terasa seperti ini, segera ke dokter untuk memeriksakan kondisinya.

  • Haid tidak normal

Tiba-tiba mengalami haid atau menstruasi yang abnormal atau yang menyakitkan, yang membuat tubuh mengeluarkan banyak darah. Kondisi ini bisa jadi gejala kista ovarium berikutnya. Selain itu, timbul pula rasa sakit di area panggul sebelum atau sesudah haid. Dan pendarahan hebat saat haid juga dapat memicu anemia. Pendarahan dari vagina ini juga tidak boleh dianggap sepele buat wanita yang sudah menopause.

  • Sering ingin buang air kecil

Ukuran kista ovarium yang membesar akan menekan area kantung kemih sehingga akan membuat penderita kista ovarium ingin buang air terus menerus, meskipun saat buang air kecil tidak keluar sama sekali atau susah keluar air kencingnya. Gejala yang satu ini cukup sering dialami para wanita yang menderita kista ovarium.

  • Sakit saat buang air besar

Gejala kista ovarium berikutnya adalah rasa sakit saat buang air besar. Rasa sakit yang datangnya tiba-tiba tersebut terjadi karena besarnya ukuran kista ovarium yang menekan lambung, usus, dan juga saluran kemih. Bila sakit yang dirasakan tidak kunjung hilang, sering muncul, dan datang tiba-tiba, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Sakit saat berhubungan intim

Ini gejala umum saat ada kista ovarium. Ukurannya yang membesar membuat kista ovarium akan menekan rahim dan serviks sehingga ketika ada hentakan saat berhubungan intim menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

  • Nyeri punggung dan kaki

Area ovarium tidak besar, sehingga saat ada kista pada ovarium yang membesar juga akan menekan area mana saja, termasuk area punggung, sehingga menimbulkan nyeri di bawah punggung, bahkan nyeri kaki saat berjalan.

Itulah beberapa Gejala Kista Ovarium yang sering terjadi. Anda harus mengetahui semuanya, agar jika suatu saat mengalami hal serupa dengan gejala-gejala tersebut, maka anda bisa bersikap sigap memeriksakannya ke dokter dan melakukan tindakan penangan dengan segera, sebelum kondisinya semakin parah.

Sementara itu, untuk mengobati kista ovarium ada rekomendasi yang bagus berupa obat herbal, yaitu Ladyfem Kapsul. Ini adalah obat kista ovarium herbal yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya. Dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI.

Baca Juga : Khasiat Dan Kandungan Ladyfem

Ladyfem

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin Fazaherbal.my.id

 

Baca artikel menarik lainnya :

1 Response

  1. November 12, 2018

    […] Gejala Kista Ovarium […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *