Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya

Mengenal Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya merupakan satu hal yang sangat penting bagi para wanita, karena seperti diketahui bahwa kanker serviks merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan, dan setiap wanita berisiko untuk terkena penyakit ini. Karena itu, buat para wanita, mari cari tahu gejala kanker serviks stadium awal ini seperti apa, dan bagaimana cara pencegahannya yang perlu dilakukan!

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya

Kanker serviks stadium awal sebenarnya jarang sekali terlihat gejalanya, bahkan mungkin sama sekali tidak menunjukkan gejala sampai sel kanker menyebar ke jaringan di sekitarnya. Karena itu, setiap wanita yang berusia 21 tahun ke atas dan yang telah melakukan hubungan seksual secara aktif sangat disarankan melakukan pap smear setiap 2 tahun sekali. Karena prosedur ini bisa mendeteksi kanker serviks, dan bisa dilanjutkan penanganan prakanker.

Gejala kanker serviks akan terlihat saat sel kanker sudah menyebar ke jaringan sekitarnya. Gejala yang mungkin muncul antara lain :

  • Pendarahan yang tidak teratur pada vagina. Ini merupakan gejala yang paling umum dari kanker serviks. Pendarahan ini bisa terjadi di antara periode menstruasi atau terjadi setelah berhubungan seksual. Pendarahan ini bahkan bisa terjadi juga pada wanita yang sudah menopause. Gejala ini merupakan pertanda kanker serviks atau kondisi serius lainnya.
  • Keputihan yang berair dan bercampur dengan darah, berbau busuk atau bau tak sedap, berwarna jernih atau kecokelatan. Ini juga bisa menjadi gejala kanker serviks.
  • Nyeri panggul saat berhubungan seksual.

Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV), yaitu salah satu virus yang sangat menular melalui hubungan seksual atau kontak langsung kulit ke kulit di daerah genital. Sebagian besar orang yang terinfeksi virus HPV tidak mengalami gejala apa pun. Tapi, beberapa jenis virus HPV ada yang bisa memunculkan gejala yang terlihat seperti kutil kelamin atau kanker.

Setelah gejala awal tersebut muncul, gejala lainnya yang lebih berat biasanya akan mengikuti, seperti : nyeri panggul, sulit buang air kecil ataupun buang air besar, berat badan turun, badan lemah, hingga bengkak pada salah satu atau kedua kaki.

Lalu Bagaimana Cara Pencegahan Kanker Serviks?

Untuk mencegah kanker serviks secara sempurna, belum diketahui pasti caranya seperti apa. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks, yaitu :

  • Melakukan pap smear atau skrining serviks

Seperti dikatakan di awal, Pap smear menjadi salah satu cara tepat untuk mendeteksi kanker serviks stadium awal. Prosedur ini akan mengidentifikasi perubahan pada sel-sel serviks (leher rahim) tahap awal. Dengan begitu, gejala kanker serviks stadium awal bisa terdeteksi dengan melihat apakah ada sel-sel yang tidak normal di dalam serviks (leher rahim). Dengan mendeteksi serta menghilangkan sel-sel yang tidak normal pada serviks, maka kanker serviks bisa dicegah. Setiap wanita yang berusia 21 tahun ke atas dan yang telah aktif berhubungan seksual sangat disarankan melakukan pap smear setiap 2 tahun sekali atau 3 tahun sekali. Sementara wanita yang berusia 50-64 disarankan setiap tahun sekali melakukan pap smear. Lalu untuk wanita yang berusia di atas 65 tahun wajib melakukan pap smear jika sejak usia 50 tahun belum melakukan prosedur ini.

Selain pap smear, disarankan juga melakukan HPV DNA Test, yaitu pemeriksaan virus HPV, untuk mengetahui apa ada virus HPV atau tidak, yang dapat menyebabkan kanker serviks. Wanita yang berusia 30 tahun ke atas disarankan untuk melakukan pemeriksaan ini.

  • Melakukan hubungan seksual yang aman

Kanker serviks sebagian besarnya terkait dengan infeksi HPV. Yang mana infeksi ini dapat menyebar melalui hubungan seksual yang tidak aman, seperti ganti-ganti pasangan seksual, atau melakukan hubungan seksual di usia dini atau di luar nikah. Penyebaran infeksi HPV mungkin bisa dihindari dengan menggunakan kondom. Dan selain berhubungan seksual langsung, virus HPV juga bisa ditularkan melalui seks penetratif seperti kontak kulit ke kulit di daerah genital, atau menggunakan alat bantu seks secara bergantian.

  • Vaksinasi kanker serviks

Untuk mencegah kanker serviks juga bisa dengan vaksin HPV. Namun vaksin HPV ini tidak menjamin seorang wanita tidak akan terkena kanker serviks juga. Prosedur pap smear tetap disarankan untuk mendeteksi apakah ada kanker serviks atau tidak. Pemberian vaksin HPV ini disarankan pada wanita usia 12-13 tahun dan diulangi setiap 6 bulan sebanyak 3 kali pemberian.

  • Hindari rokok

Bukan hal yang asing lagi kalau merokok merupakan hal yang sangat tidak baik untuk kesehatan. Banyak penyakit yang berisiko muncul akibat merokok, salah satunya adalah kanker serviks. Karena itu, berhentilah merokok untuk mengurangi risiko kanker serviks dan mencegah terkena kanker serviks yang mematikan. Dan jika anda seorang perokok, mulailah belajar untuk berhenti merokok. Bila perlu konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran bagaimana tips berhenti merokok.

Itulah beragam Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya yang perlu diketahui oleh para wanita. Jadi buat para wanita, janganlah menunggu hingga gejala kanker serviks stadium awal muncul. Lakukanlah prosedur pap smear serta cara pencegahan kanker serviks lainnya, apalagi jika anda merasa berisiko terinfeksi virus HPV. Dan segera periksakan ke dokter jika anda mengalami masalah kesehatan pada rahim.

Dan untuk mengobati kanker serviks, ada rekomendasi terbaik berupa obat kanker serviks herbal, yaitu Ace Maxs – yang terbukti efektif dan aman mengobati kanker serviks tanpa operasi, tanpa kemoterapi, tanpa radioterapi, dan tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Kualitasnya tidak perlu diragukan, sudah terdaftar di BPOM RI dan juga DEPKES RI. Dan khasiatnya pun sudah terbukti ampuh, manjur, dan mujarab, sudah ada testimoninya.

Baca Juga : Khasiat Herbal Ace Maxs

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085-793-507-222

SMS/WA/Telp : 085-223-557-127

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin Fazaherbal.my.id

Baca artikel menarik lainnya :

3 Responses

  1. April 23, 2019

    […] Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya […]

  2. May 9, 2019

    […] Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya […]

  3. May 25, 2019

    […] Gejala Kanker Serviks Stadium Awal dan Pencegahannya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *