Bahaya Makanan Terlalu Asin Untuk Penderita Mioma Uteri

Bahaya Makanan Terlalu Asin Untuk Penderita Mioma Uteri

Salah satu pantangan makanan bagi penderita mioma uteri adalah makanan yang terlalu asin. Lalu apa Bahaya Makanan Terlalu Asin Untuk Penderita Mioma Uteri? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak saja pembahasan lengkapnya berikut ini!

Bahaya Makanan Terlalu Asin Untuk Penderita Mioma Uteri

Salah satu bumbu yang memberikan cita rasa nikmat pada makanan adalah garam. Garam memberi rasa asin pada makanan, di mana hampir setiap orang setiap harinya mengonsumsi makanan asin, dan ada banyak makanan asin yang banyak dikonsumsi masyarakat, bahkan beberapa di antaranya ada makanan yang terlalu asin. Padahal, makanan yang terlalu asin bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan, salah satunya untuk penderita mioma uteri.

Garam sebenarnya memang memberikan manfaat bagi tubuh, karena garam merupakan salah satu sumber sodium atau natrium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga metabolismenya. Namun meski demikian, tidak dianjurkan bila mengonsumsi garam terlalu berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak natrium atau sodium dapat menyebabkan tubuh menahan cairan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Di mana hal tersebut menyebabkan peningkatkan tekanan darah, yang kemudian meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan masalah kesehatan lainnya, termasuk penyakit mioma uteri.

Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menunjukkan bahwa sebanyak 26,2% penduduk Indonesia mengonsumsi garam berlebih. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2009 yakni sebanyak 24,5%. Padahal, Menteri Kesehatan telah memberikan batasan konsumsi garam yang dianjurkan per hari yaitu sebanyak 2000 mg natrium atau sodium atau 5 g garam (satu sendok teh).

Namun sayang, konsumsi garam berlebih sulit dihindari, karena natrium atau sodium sendiri banyak dijumpai pada makanan cepat saji dan makan olahan, yang mana makanan-makanan tersebut saat ini yang paling banyak dikonsumsi masyarakat, seiring kemajuan zaman. Makanan tersebut seperti kentang goreng, pizza, burger, ayam goreng, dan sebagainya. Bahkan, menurut American Heart Association, sekitar 75% natrium atau sodium yang anda konsumsi bukan berasal dari garam dapur, melainkan dari makanan olahan dan cepat saji.

Pada tahun 2011 sebuah penelitian di Australia telah menemukan bahwa otak merespons natrium atau sodium yang anda konsumsi sama seperti ketika otak merespons nikotin. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang “kecanduan” makanan asin atau gurih yang tinggi sodium. Padahal makanan tersebut memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Baca Juga : Obat Tradisional Mioma Uteri

Lalu seperti apa dampak buruk makanan yang terlalu asin terhadap kesehatan? Saat tubuh kelebihan garam, ginjal akan sulit menjaga garam yang berlebih di dalam aliran darah. Yang mana garam tersebut akan terakumulasi dalam tubuh dan membuat jumlah cairan yang mengelilingi sel serta volume darah akan meningkat. Akibatnya, darah harus bekerja lebih ekstra untuk jantung dan memberikan tekanan lebih banyak pada pembuluh darah. Sehingga pada akhirnya menyebabkan tekanan darah jantung, yang meningkatkan risiko serangan jantung, gagal jantung, serta serangan stroke. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan terlalu asin untuk mencegah beragam dampak buruk yang bisa ditimbulkannya.

Lalu apa bahayanya bagi penderita miom mengonsumsi makanan yang terlalu asin? Sebab, makanan yang terlalu asin dapat mengganggu fungsi hati. Di mana hati adalah organ yang paling bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun dan menyeimbangkan hormon. Jika hormon tidak seimbang, maka bisa menyebabkan mioma uteri menjadi semakin besar, atau bahkan munculnya mioma uteri yang baru. Karena itulah makanan yang terlalu asin pantang untuk dikonsumsi oleh penderita mioma uteri.

Meski mengonsumsi makanan yang terlalu asin atau makanan yang mengandung garam berlebih, ada orang yang tidak memiliki tekanan darah tinggi. Hal itu dikarenakan ada faktor lain yang menjadi penyebab tingginya tekanan darah tinggi, yaitu kurangnya asupan potassium atau kalium dalam tubuh. Sodium dan potassium memiliki efek berlawanan pada kesehatan jantung, karena asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Namun, asupan potassium yang tinggi justru dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengeluarkan natrium sehingga dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Itulah Bahaya Makanan Terlalu Asin Untuk Penderita Mioma Uteri yang harus diwaspadai. Untuk itu, bagi anda yang tengah menderita mioma uteri, perhatikanlah makanan-makanan yang anda konsumsi tiap hari, jangan mengonsumsi makanan yang terlalu asin.

Sementara itu, untuk mengobati mioma uteri ada rekomendasi yang bagus berupa obat herbal, yaitu GOLD-G Bio Sea Cucumber atau biasa disebut Jelly Gamat Gold G. Ini adalah obat mioma uteri herbal yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya. Dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Baca Juga : Kandungan Herbal Jelly Gamat

Jelly Gamat Gold G

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin Fazaherbal.my.id

 

Baca artikel menarik lainnya :

1 Response

  1. November 5, 2018

    […] Bahaya Makanan Terlalu Asin Untuk Penderita Mioma Uteri […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *