Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati

Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati

Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati jelas menjadi ancaman yang cukup serius bagi para penderita kista ovarium, karena kista ovarium memang merupakan penyakit yang cukup serius dan sangat mengganggu bagi wanita, bahkan penyakit ini memiliki risiko yang sangat tidak diinginkan oleh wanita manapun. Untuk lebih jelasnya, simak saja pembahasan berikut ini!

Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati

Jika berbicara mengenai kista ovarium, banyak di antara penderitanya yang tidak menyadari bahwa mereka tengah mengidap kista ovarium. Kebanyakan di antara mereka baru mengetahuinya pada saat mereka melakukan pemeriksaan organ kewanitaan untuk hal lain. Hal itu membuat kista ovarium ini sering kali terdeteksi saat ukurannya membesar dan sudah mengganggu.

Jika berbicara mengenai penyakit kista, baik itu kista ovarium maupun kista lainnya, kondisi ini termasuk ke dalam kategori tumor jinak. Artinya kista ini tidak ganas atau tidak bersifat kanker. Jadi, dalam beberapa kasus tidak akan sampai menimbulkan bahaya yang berarti. Namun penyakit kista sendiri ada beberapa jenisnya dan berbeda-beda masing-masingnya. Selain itu, kista ovarium yang berukuran besar dan sering menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan di organ kewanitaan jelas bukan masalah sepele dan butuh penanganan serius.

Dalam kondisi tersebut, kista ovarium yang berukuran besar bukan tidak mungkin malah akan jadi membahayakan, jika dibiarkan terus menerus tanpa penanganan yang tepat.

Jika berbicara mengenai bahaya sebuah penyakit, tentunya dalam hal ini bahaya akan muncul jika kita tidak melakukan penanganan pada penyakit tersebut. Dalam kasus kista ovarium, bahaya kista ovarium jika dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan dapat memicu berkembangnya kista menjadi lebih besar.

Baca Juga : Obat Herbal Kista Ovarium

Dalam kondisi kista yang besar tentunya hal ini dapat membahayakan anda karena kondisi ini dapat memicu munculnya rasa sakit yang hebat. Dan berikut ini adalah beberapa Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati dan jika dibiarkan terus menerus begitu saja, di antaranya :

  • Kista ovarium pecah

Kista ovarium ini berisi cairan seperti darah atau nanah atau jenis cairan lain. Jika tidak segera ditangani dengan benar, bahayanya kista bisa pecah. Dan akibat dari pecahnya kista tersebut, maka akan menimbulkan rasa sakit. Dan pecahan kista tersebut juga dapat menyebar ke organ lainnya, terutama di sekitar perut dan sistem reproduksi, serta pendarahan dalam tubuh. Kista yang pecah ini ditandai dengan flek bercak darah atau pendarahan dan rasa sakit yang hebat. Dan kondisi ini dapat membahayakan keselamatan nyawa pasiennya, karena meningkatkan risiko kehilangan darah yang banyak serta mengalami infeksi.

  • Torsi ovarium

Torsi ovarium adalah sebuah kondisi di mana akibat ukuran kista semakin besar, posisi ovarium jadi bergeser. Kondisi ini mengakibatkan aliran darah ke ovarium bisa terhenti dan bisa menyebabkan kerusakan ovarium yang parah. Ovarium bahkan bisa sampai tidak berfungsi lagi. Dan jika itu terjadi, maka bukan tidak mungkin penderitanya akan mengalami kemandulan alias sulit hamil. Selain itu, torsi ovarium juga bisa mengakibatkan komplikasi lanjutan yang disebut nekrosis jaringan ovarium, yang menyebabkan radang dan syok septik.

  • Infertilitas

Infertilitas adalah kondisi sulit untuk hamil, atau biasa disebut dengan kemandulan. Pada kasus kista ovarium, kemandulan yang dialami bisa bersifat sementara atau bisa juga permanen. Tergantung dari seberapa parah kerusakan pada sistem reproduksi akibat kista ovarium tersebut. Karena itu, penderita kista ovarium yang ingin hamil harus segera menangani penyakitnya dengan tepat, agar kesehatan sistem reproduksinya segera pulih dan berpeluang untuk hamil.

  • Komplikasi kehamilan

Selain menyebabkan kemandulan, bahaya kista ovarium juga bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Jika ukuran kista kecil biasanya memang tidak mempengaruhi kehamilan dan justru bisa hilang sendiri. Namun jika kista berukuran besar, maka akibatnya bisa menyebabkan sakit perut yang parah dan mengganggu kehamilan. Karena itu, ibu hamil yang mengidap kista ovarium perlu rutin memeriksakan kehamilannya untuk memantau perkembangan kista selama kehamilan, apakah aman atau perlu ditangani dengan operasi. Jika kista ini tetap dibiarkan, maka akan mengganggu kehamilan dan berisiko menyebabkan keguguran.

  • Kanker ovarium

Meskipun kista ovarium tidak dikategorikan sebagai penyebab kanker ovarium, namun bahayanya tetap masih berisiko menyebabkan kanker ovarium. Bahkan pada beberapa kasus yang terjadi, kista ovarium yang tidak diobati ternyata kemudian jaringan berubah menjadi kanker. Ini jelas menjadi ancaman bahaya yang sangat serius bagi para penderita kista ovarium.

  • Peritonitis

Kista ovarium yang terinfeksi dapat menyebabkan peritonitis, yaitu peradangan lapisan peritoneum, yakni lapisan tipis pada dinding dalam rongga perut. Peradangan ini umumnya disebabkan infeksi bakteri atau jamur. Dan jika tidak segera ditangani, peritonitis dapat menyebabkan infeksinya menyebar ke seluruh tubuh, yang mana dapat membahayakan nyawa penderitanya.

  • Komplikasi penyakit

Kista ovarium yang tidak ditangani dengan segera juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, seperti kegagalan fungsi kandung kemih yang terus tertekan oleh keberadaan kista pada ovarium, sehingga membuat penderita sering kali tidak mampu mengontrol buang air kecil. Selain itu, gangguan kehamilan juga bisa terjadi jika kista ovarium dialami saat hamil. Serta gangguan usus yang menyebabkan fungsi usus menjadi tidak normal.

  • Gangguan mental dan emosional

Tidak hanya menimbulkan berbagai penyakit, bahaya kista ovarium juga mungkin bisa mengganggu kesehatan mental maupun emosional penderitanya, seperti rasa sakit yang hebat dan hormon yang tidak seimbang. Namun, pengobatan medis memang jarang berfokus pada efek emosional seperti itu.

Itulah Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati oleh penderitanya. Oleh karena itu, segera obati dan tangani jika anda tengah menderita kista ovarium. Dan untuk mengobati kista ovarium, ada rekomendasi yang bagus dari pakar kesehatan reproduksi ternama Indonesia – Boyke Dian Nugraha – yaitu Ladyfem Kapsul. Ini adalah obat kista ovarium herbal yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah ada testimoninya dari para konsumennya. Dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan lagi, karena sudah terdaftar di BPOM RI.

Baca Juga : Kandungan Dan Manfaat Ladyfem

Ladyfem

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 320 000 874

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin Fazaherbal.my.id

 

Baca artikel menarik lainnya :

1 Response

  1. November 30, 2018

    […] Bahaya Kista Ovarium Jika Tidak Segera Diobati […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *