Bahaya Kedelai Bagi Penderita Mioma Uteri

Bahaya Kedelai Bagi Penderita Mioma Uteri

Ladies, mungkin anda sudah pernah mendengar atau membaca informasi mengenai Bahaya Kedelai Bagi Penderita Mioma Uteri. Benarkah kedelai berbahaya bagi penderita mioma uteri? Lalu seperti apa bahaya kedelai untuk mioma uteri? Mari kita simak pembahasannya berikut ini!

Bahaya Kedelai Bagi Penderita Mioma Uteri

Wanita tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi kedelai karena dapat menyebabkan mioma uteri tumbuh. Penderita mioma uteri juga harus menghindari konsumsi kedelai karena dikhawatirkan dapat membuat mioma uteri jadi semakin parah dan bertambah besar ukurannya. Seperti itulah kepercayaan yang beredar luas di masyarakat mengenai kedelai dengan mioma uteri.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kaitannya kedelai dengan mioma uteri, anda harus tau dulu apa sebenarnya mioma uteri itu dan seperti apa penyakit itu. Mioma uteri merupakan tumor jinak yang berasal dari jaringan otot di rahim. Mioma uteri merupakan penyakit yang serius bagi wanita. Sebab, meski tidak berisiko menyebabkan kematian, tapi penyakit ini memiliki efek buruk yang sangat tidak diinginkan oleh setiap wanita manapun, yaitu kemandulan dan keguguran.

Mioma uteri sering kali tidak menunjukkan gejala atau gejalanya samar-samar, sehingga sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Saat menunjukkan gejala, biasanya mioma uteri gejalanya antara lain berupa darah haid yang lebih banyak dari biasanya, adanya benjolan di perut bagian bawah, nyeri atau tidak nyaman saat berhubungan seksual, atau infertilitas (sulit hamil), serta masih banyak lagi gejala lainnya.

Sementara itu, penyebab pasti timbulnya mioma uteri belum diketahui. Namun, kemunculan mioma uteri sering dikaitkan dengan hormon estrogen oleh para ahli kesehatan. Seperti diketahui, hormon estrogen merupakan hormon reproduksi yang dihasilkan oleh ovarium pada wanita. Dan mioma uteri ini biasanya muncul pada wanita usia sekitar 16-50 tahun, di mana pada usia tersebut kadar estrogen wanita sedang tinggi-tinggnya. Dan setelah masa menopause, mioma uteri akan menyusut dikarenakan penurunan kadar estrogen.

Baca Juga : Cara Tepat Mengobati Miom

Hubungan Kedelai dengan Mioma Uteri

Lalu kenapa kedelai bahaya bagi penderita mioma uteri? Apa yang menyebabkan kedelai tidak baik bagi penderita mioma uteri? Jawabannya adalah karena kedelai merupakan salah satu makanan yang mengandung fitoestrogen. Dan perlu diketahui,  fitoestrogen merupakan senyawa kimia yang serupa dengan estrogen. Fitoestrogen dari kedelai ini dianggap dapat menyebabkan mioma uteri . Hal itulah yang menjadi alasan kenapa kedelai dianjuran untuk tidak dikonsumsi oleh penderita mioma uteri.

Berbagai penelitian ilmiah dilakukan untuk mengetahui apakah benar adanya mengenai hubungan antara konsumsi kedelai dengan mioma uteri. Salah satunya dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ternyata mengonsumsi kedelai tidak menyebabkan mioma uteri, juga tidak menyebabkan mioma uteri menjadi semakin besar ukurannya.

Perlu diketahui, fitoestrogen yang terkandung di dalam kedelai memang memiliki manfaat yang sama dengan estrogen, yakni membantu menurunkan kolesterol, mengurangi ketidaknyamanan setelah menopause, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan juga melindungi tulang dari osteoporosis. Namun meski demikian, ada satu perbedaan antara fitoestrogen dengan estrogen, yaitu fitoestrogen tidak memengaruhi otot rahim dan tumor pada otot rahim alias mioma uteri. Jadi, tidak benar adanya kalau Bahaya Kedelai Bagi Penderita Mioma Uteri. Namun mungkin jika memang ditakutkan fitoestrogen dapat mempengaruhi mioma uteri, maka sebaiknya dibatasi saja konsumsi kedelai bagi penderita mioma uteri.

Sementara itu, untuk mengobati mioma uteri ada rekomendasi yang bagus berupa obat herbal, yaitu GOLD-G Bio Sea Cucumber atau biasa disebut Jelly Gamat Gold G. Ini adalah obat mioma uteri herbal yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah banyak testimoninya. Dan kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Baca Juga : Khasiat Obat Herbal GOLD-G

Jelly Gamat Gold G

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin Fazaherbal.my.id

 

Baca artikel menarik lainnya :

1 Response

  1. October 27, 2018

    […] Baca Juga :¬†Bahaya Kedelai Bagi Penderita Mioma Uteri […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *